Tutorial Membuat Schema FAQ Pada Blogger dan WordPress

Bagaimana cara membuat Faq page schema markup? Pada kesempatan kali ini Jasa Backlink PBN akan langsung membagikan tutuorial nya.

Tentunya sesuai dengan yang saya tahu dan praktekin aja ya. Jika nanti rekan-rekan ada metode lain, boleh diposting di comment juga, nanti saya masukin ke sini.

Sebelum masuk ke teknis, saya ulas dulu dikit ya.

Apa itu Schema Markup?

Secara sederhana, Schema markup adalah sekumpulan kode/tags/data yang bisa ditambahkan ke satu website untuk menyajikan informasi yang lebih lengkap ke mesin pencari.

Dengan menambahkan schema markup, kita bisa bikin tampilan artikel kita di search engine lebih cantik dan informatif.

Di beberapa jenis schema markup, tampilannya cukup menarik dan menambah space artikel kita di search engine. Ini diharapkan bisa meningkatkan CTR atau klik ke website kita ntar.

Salah satu schema markup yang menarik untuk dipakai adalah Faq Page.

Apakah Schema Markup Bisa Menaikan Ranking?

Katanya sih tidak. Cuma yang pasti, schema markup bisa bikin tampilan artikel kita di Serp lebih menarik dan pop out dibanding dengan yang ngga pakai.

Apa itu FAQ Page Schema Markup?

FAQ Page schema adalah schema markup yang dikhususkan untuk menyajikan sekumpulan pertanyaan dan jawaban yang ada di artikel kita, langsung di halaman pencarian.

Seperti di screenshot di atas, tampilannya cukup menarik dan lumayan lega. Bikin artikel kita lebih pop out dibanding dengan yang lain.

Nah, pertanyaannya..

Perlukah Kita Pakai FAQ Page Schema Markup di Artikel?

Kalau saya pikir mah tergantung kebutuhan. Kalau dirasa perlu, silahkan bikin. Kalau ngga mah kyknya mending pakai schema markup yang lain.

Saya pikir ini bakal lebih cocok buat rekan-rekan yang punya web jualan atau jasa online. Dengan schema Faq Page, bisa bikin list pertanyaan dan jawaban langsung di halaman google, dan si calon client/pembeli bakal lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhin.

Baca:  Review Anime 3D Kanojo Real Girl Yang Romantis

Untuk website/blog biasa, kayaknya kurang cocok.

OK, lanjut aja ke teknisnya ya..

Cara Membuat FAQ Page Schema Markup

Saya disini cuma bahas penggunaan di wordpress aja. Platfrom lain saya belum coba. Di wordpress, kita bisa bikin secara otomatis dengan bantuan plugin, atau secara manual. Saya cuma tulis detail yang manual aja, karena kebetulan ngga pakai pluginnya.

Membuat Faq Page Manual

Disini saya pakai JSON-LD untuk bikin Faq Page nya. Jangan tanya apa itu JSON-LD ya, saya ngga tahu..cuma ngikutin tutorial di web lain aja wkwk.

Caranya :

1. Buat Daftar Pertanyaan Dan Jawaban

Langkah pertama, silahkan bikin daftar pertanyaan dan jawabannya (FAQ). Rekan-rekan bisa bikin FAQ ini berdasarkan hal yang banyak ditanyakan visitor blog via comment, wa, email, dll. Bisa juga dengan melihat related search, google review, atau tempat-tempat lainnya.

Kumpulkan, lalu masukin ke dalam artikel.

Salah satu syarat dari penggunaan FAQ Page schema markup adalah, si FAQ nya sendiri harus beneran ada di dalam artikel kita. Formatnya terserah, mau dalam bentuk standar biasa, pakai acordeon/dropdown, atau apalah. Bagian FAQ ini bisa disimpan di bagian bawah artikel, atau tempat lainnya bebas.

2. Buat FAQ Page schema markup

Selanjutnya, daftar pertanyaan dan jawaban di atas tinggal dibikin format schema markupnya aja. Bisa bikin manual, atau yang lebih mudah bisa pakai online generator.

Salah satunya bisa gunakan online generator di link ini.

Tinggal masukin pertanyaan dan jawabannya  ke kolom yang tersedia, tambahkan sampai semua yang ada di langkah 1 masuk. Setelah itu tinggal copy kode yang digenerate ntar, masukan script.


Related Posts

About The Author