Teks Inspiratif: Pengertian, Struktur, dan Ciri – Ciri Teks Inspiratif

Inspiratif adalah sekumpulan ide – ide kreatif yang dihasilkan dari belajar dari sekililing kita. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Inspiratif adalah sebagai ilham atau sesuatu yang bisa menggerakkan hati guna menciptakan sebuah karya yang berupa lagu, syair, musik, dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi, tidak sedikit juga orang yang menuangkan ide inspiratifnya ke dalam sebuah cerita. Sebelumnya kita membahas contoh surat lamaran kerja Orang yang membuat teks inspiratif umumnya orang yang tarafnya sudah bijak. Berikut ini adalah penjelasan mengenai teks inspiratif, antara lain.

Pengertian Teks Inspiratif

Teks inspiratif adalah satu bentuk prosa yang beisi kisah seseorang serta dibut dengna tujuan untuk memberikan inspirasi atau motivasi kepada para pembaca. Pada dasarnya teks inspiratif memberikan semangat, rasa percaya diri, motivasi untuk para pembaca.

Struktur Teks Inspiratif

Seperti pada teks yang lain, teks inspiratif juga memiliki strukturnya tersendirim. Berikut ini adalah beberapa struktur teks inspiratif, antara lain.

Orientasi, Orientasi adalah bagian perkenalan. Pada struktur ini memperkenalkan bagian awal dari cerita sebelum cerita tersebut berlangsung.

Insiden, Insiden adalah bagian yang menceritakan mengenai peristiwa atau pun kejadian yang dialami oleh tokoh. Ada konflik pada bagian ini, karena pada bagian ini menuju suatu permasalahn yang diceritakan oleh para tokoh.

Interpretasi, adalah bagian perenungan dari peristiwa yang dialami oleh para tokoh. Pada bagian ini para tokoh merenungkan peristiwa yang dialami dan menceritakan kembali konflik sebelum menuju resolusi atau pun penyelesaian.

Resolusi, adalah tahap menyelesaian masalah. Peristawa yang dikembangkan pada bagian rangkaian peristiwa serta komplikasi tahap resolusi.

Koda, adalah bagian penutup dari sebuah cerita. Dalam tahap ini ada kesimpulan serta pesan moral yang bisa kita ambil dari cerita tersebut.

Baca:  Harga Karpet Masjid Turki Per Meter Di Jakarta Pusat

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai teks inspiratif. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Related Posts

About The Author