Syarat Perpanjangan SIM online 2020

Syarat Perpanjangan SIM online 2020 – Sementara membuat sim online itu cukup sederhana, tapi bagaimanapun juga membuat SIM online atau perpanjangan tentu diperlukan panduan untuk memudahkan kalian dalam mengurusnya, terutama untuk kalian yang belum tahu sama sekali.

syarat perpanjangan sim online 2020

Itu sebabnya di post kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana untuk perpanjangan SIM online untuk Anda pengunjung setia blog ini yang tidak mengetahui langkah-langkahnya, prosedur dan syarat-syaratnya.

Sebelum Anda melakukan perpanjangan SIM atau pembaharuan online, Anda harus tahu bahwa meskipun itu berbasis online, itu tidak berarti pelamar dapat membuat atau perpanjangan SIM totally 100% lewat online.

Yang dilakukan via online hanya pendaftaran untuk perpanjangan SIM. Sisanya, seperti verifikasi data, ujian teori & praktek, foto & rekam sidik jari dilakukan secara offline. Alias Anda tetap harus datang ke Samsat/ Satpas/ Gerai SIM Keliling yang Anda pilih.

Teknologi online yang ditawarkan dalam membuat atau perpanjangan SIM Online hanya digunakan oleh pihak berwenang untuk memproses pencocokan data atau proses perpanjangan SIM di wilayah lain di luar daearah asal domisili yang sesuai KTP.

Dengan kata lain, prosedur dasar untuk membuat dan perpanjangan SIM online bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus di wilayah yang sesuai alamat KTP.

Itulah kelebihan dari pembuatan dan perpanjangan SIM online ini. Selain itu, dengan sistem SIM online, kita tidak perlu mengantri dan bersesak-sesak untuk mendaftar perpanjangan atau pembuatan SIM seperti yang selama ini terjadi (sebelum ada sistem SIM online).

Pada kesempatan ini, saya khusus akan bercerita bagaimana proses perpanjangan SIM online. Khususnya syarat-syarat perpanjangan SIM online apa saja yang harus dilengkapi.

Baca:  website bisnis adalah

Sedang untuk pembuatan, bisa Anda baca di sini : SIM online.

Dalam panduan ini untuk perpanjangan SIM online, ada beberapa ketentuan yang perlu dilengkapi dan diikuti.

Syarat Perpanjangan SIM online 2020

Berikut adalah persyaratan untuk perpanjangan SIM online di mana teman-teman harus mengetahui dan memahamnyai, yaitu:

Syarat Umur Pembuatan SIM Online

Syarat pertama kali bagi Anda untuk mendapatkan SIM online adalah usia, batasan usia berikut yang diizinkan untuk mendapatkan SIM:

Untuk SIM A, C dan SIM D Usia 17 (tujuh belas) tahun;

Untuk SIM B I Usia 20 (dua puluh) tahun;

Untuk SIM B II Usia 21 (dua puluh satu tahun);

Untuk SIM A Umum Usia 20 (dua puluh) tahun;

Untuk SIM B I Umum Usia 22 (dua puluh dua) tahun;

untuk SIM B II Umum 23 (dua tiga) tahun.

Harap dicatat bahwa dalam panduan untuk memperpanjang SIM online, beberapa persyaratan usia yang disebutkan di atas berlaku untuk Indonesia dan asing.

Dan sebetulnya syarat usia ini bisa Anda skip, toh Anda saat ini hendak memperpanjang, otomatis umur Anda sudah memenuhi. Karena sebelumnya sudah memegang SIM.

Administrasi Untuk Syarat Perpanjangan SIM Online

Selain persyaratan usia, persyaratan lain untuk perpanjangan SIM online adalah persyaratan administrasi. Berikut adalah beberapa ketentuan dari pemerintah yang perlu dipersiapkan saat perpanjangan SIM online:

Mengisi formulir untuk aplikasi perpanjang SIM online

Punya Kartu identitas (e-KTP) asli berlaku untuk warga negara Indonesia.

SIM lama yang belum habis masa berlakunya.

Catatan: untuk orang asing membutuhkan dokumen-dokumen ke-imigrasian seperti: paspor, visa, KITAP dll.

Kesehatan (Jasmani & Rohani) Syarat Mutlak Perpanjangan SIM

Kesehatan jasmani, termasuk penglihatan, pendengaran dan tidak memiliki penyakit yang membahayakan saat nyetir kendaraan (misal: penyakit ayan/ epilepsi).

Baca:  Plakat Akrilik Jakarta Yang Terbaik

Kesehatan spiritual, termasuk konsentrasi, ketepatan, pengendalian diri, kemampuan mengatur diri sendiri, stabilitas emosional, tidak stress, tidak gila.

Setelah tiga persyaratan di atas (usia, administrasi dan kesehatan) sudah Anda pastikan,  maka Anda sudah dinyatakan layak untuk melakukan perpanjangan SIM online.

Kapan Melakukan Perpanjangan SIM online ?

Kita semua tahu, membuat SIM susah-susah gampang. Kadang kala ada saja yang bikin kita gagal saat ujian teori ataupun praktek.

Untuk itu bagi kalian yang sudah punya SIM jangan sampai kelewat masa berlakunya. Segera perpanjang SIM maksimal 1 hari sebelum SIM expired.

Karena kalau sudah expired, kita harus bikin SIM lagi dari awal. Sayang kan…

Toh sekarang dengan sistem online lebih mudah, bisa kita lakukan di mana saja. Tinggal Anda siapkan syarat-syarat perpanjangan SIM online kemudian buka internet dan segera daftar. Selanjutnya tinggal ikuti prosesnya di satpas/ samsat/ gerai SIM keliling yang Anda tentukan.

Related Posts

About The Author