Serba-serbi Industri Kreatif Rumahan

Di era modern saat ini, banyak sekali aletrnatif dalam menghasilkan pundi-pundi uang, salah satunya ialah dalam bidang industri kreatif. Saat ini banyak sekali ide industri kreatif yang bermunculan di Indonesia. Salah satu industri kreatif yang menjanjikan berasal dari industri kreatif rumahan seperti, kerajinan, makanan, atau pakaian.

Saat ini banyak sekali ibu-ibu Indonesia yang mulai sadar akan peluang ini, ditambah dengan kemudahan teknologi yang mempermudah mereka untuk memasarkan produk yang mereka ciptakan sendiri. Selain produktif di rumah, mereka juga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa harus bersusah payah pergi ke kantor untuk bekerja. Lantas apa saja sih yang bisa dijadikan rujukan untuk ide industry kreatif yang mungkin kamu lakukan saat ini?

Kerajinan

Kerajinan nampaknya masih menjadi bagian terpenting dalam industri kreatif Indonesia. Ada banyak barang yang bernilai ekonomis yang bisa dihasilkan dari kerajinan. Bisa dari barang yang didaur ulang, maupun dari barang sisa yang mungkin sudah tidak terpakai kembali. Salah satu contoh produk kerajinan yang sangat bernilai ekonomis adalah kerajinan yang bertemakan Go-Green atau ramah lingkungan karena saat ini banyak sekali barang rumah tangga yang tidak aman bagi kesehatan sehingga produk ramah lingkungan akan menjadi solusinya. 

Makanan

Makanan yang diracik dan dikemas dengan cara yang menarik mampu menarik perhatian khalayak umum, apalagi makanan tersebut sudah tidak asing di mata masyarakat Indonesia. Salah satu contoh yang mungkin bisa kamu tiru adalah menciptakan resep baru dari bahan baku yang sangat melimpah di Indonesia, yakni pisang dan singkong. Bahan baku tersebut sangat mudah ditemukan di Indonesia dan banyak sekali masyarakat yang menyukai makanan tesebut, hanya saja kurangnya ide kreatif untuk menciptakan menu baru menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha industri kreatif untuk memenuhi perminataan pasar.

Baca:  Cara Memilih Perusahaan Pengembangan Web

Pakaian

Industi fashion  nampaknya memang selalu menggiurkan untuk dijalankan, apalagi jika pakaian tersebut dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tidak terlalu mahal, sehingga mampu menarik masyarakat untuk membelinya. Saat ini banyak sekali industri kreatif pakaian yang sudah beroperasi di Indonesia. Hal ini semakin massif ketika teknologi dan media sosial semakin berkembang dan mampu dijangkau oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Nampaknya ini bisa dijadikan rujukan utama untuk kamu yang sedang mencari ide dalam menjalankan industri kreatif rumahan ya, selain tidak memakan biaya yang tinggi, tentunya kamu juga dapat mendapatkan penghasilan tambahan sesuai dengan hobi kamu.

Namun harus diingat bahwa industri rumahan sangatlah dinamis sehingga ide yang baru dan segar harus selalu dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tentunya dapat dibeli oleh semua orang. Hal ini menjadi penting karena ketika kebutuhan bertemu dengan kreatifitas maka hal tersebut akan menjadi peluang baru dalam menghasilkan pundi-pundi uang dalam menjalankan bisnis di industri kreatif tanah air.

Dari sekian industri yang hadir di Indonesia, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong masyarakat untuk terlibat dan bekontribusi dalam industri kreatif Indonesia, pasalnya industri kreatif di Indonesia telah menyumbang pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Apalagi saat ini pemerintah melalui kementrian sedang memberikan peluang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan modal tanpa agunan sehingga kamu harus pandai memanfaatkan momen ini sebelum orang lain memulainnya lebih dulu. Jadi apakah kamu sudah memutuskan mau memulai usaha yang mana? Selamat menjalankan usaha di bidang industri kreatif!

Related Posts

About The Author