Sebuah Terobosan Untuk Menghemat Lahan Bangunan

Jasa Desain Rumah Kreatif – Kekurangan tempat rumah sekarang jadi salah satunya permasalahan penting yang ditemui warga kekinian. Beberapa orang pilih tinggal di apartemen atau rumah susun untuk menangani permasalahan itu. Tetapi, ada jalan keluar lain yang dapat Anda pilih supaya masih bisa tinggal di dalam rumah tapak, yakni micro house.

Arti micro house masih asing di tanah air walau trennya mulai digemari beberapa orang di kota-kota besar. Bila Anda tertarik mengangkat ide bangunan itu, cari info dahulu info detailnya agar membuat rencana masak.

Apa yang Disebut dengan Micro House?

Arti micro house pertama-tama dikenalkan pada tahun 1973 oleh Lloyd Kahn, penulis buku bertopik Shelter. Inspirasi mengenai rumah mungil itu setelah itu diulas oleh Lester Walker lewat buku berjudul Tiny Houses pada tahun 1987. Tidak sampai disana saja, ide yang juga sama ditingkatkan oleh seorang arsitek lulusan University of Oregon, Sarah Susanka, pada tahun 1997.

Micro house dapat didefinisikan jadi rumah memiliki ukuran mungil kurang dari 100 mtr. persegi, luas bangunan cuma sekitar di antara 40 sampai 70 mtr. persegi. Walau simpel, kualitas bangunannya tidak bisa disejajarkan dengan perumahan bantuan. Umumnya rumah mungil ini malah dibuat dengan ongkos mahal supaya penampilannya lebih menarik.

Kelebihan Micro House

Anda dapat memperoleh beberapa kelebihan ini jika mempunyai serta menempati micro house:

  1. Bisa menerapkan ide tempat tinggal artistik tak perlu kuras isi kantong.
  2. Proses bersih-bersih rumah bertambah praktis sebab ukuran rumah tidak besar.
  3. Aplikasi smart home sistem (ide rumah pandai) bisa dikerjakan dengan optimal pada semua sisi rumah.
  4. Usaha penghematan daya berjalan efisien sebab jumlahnya ruang serta piranti elektronik termasuk sedikit.
  5. Tersisa tempat rumah bisa digunakan untuk ruangan terbuka hijau atau kebutuhan yang lain.
Baca:  Cara Menghilangkan Karat yang Membandel

Panduan Membuat Rumah Minimalis yang Fungsional

Jika Anda telah mempersiapkan sebidang tanah untuk rumah pribadi, kemungkinan telah waktunya Anda menerapkan ide micro house pada tempat itu. Beberapa panduan ini akan menolong Anda bangun rumah mungil sesuai dengan keperluan tanpa ada meremehkan bagian estetikanya:

  1. Hal pertama yang pantas Anda kerjakan ialah tentukan jumlahnya lantai. Anda yang masih lajang dapat membuat tempat tinggal satu lantai dengan ide rumah tumbuh. Sedang Anda yang telah berkeluarga peluang perlu rumah dua lantai supaya bisa mempersiapkan lebih dari satu kamar tidur.
  2. Setelah itu, cari rujukan rumah kecil yang sesuai keperluan serta situasi keadaan rumah Anda. Ide micro house di beberapa negara beriklim subtropis tentu punyai banyak ketidaksamaan dengan ide sama di Indonesia. Contohnya, rumah mungil di tanah air harus diperlengkapi pendingin ruang, tahan gempa, serta terlepas dari efek banjir.
  3. Yakinkan jika ruangan-ruangan pokok berbentuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, serta ruangan tamu ada di tempat tinggal Anda. Bila masih ada tempat sisa, baru Anda dapat meningkatkan ruang yang lain seperti ruangan makan, garasi, atau area untuk menyimpan.
  4. Tidak cuma pembangunan fisik rumah yang perlu jadi konsentrasi Anda. Nanti, Anda harus juga keluarkan ongkos spesial untuk piranti elektronik serta mebel rumah. Pakailah piranti elektronik serta mebel bermutu untuk mengoptimalkan kesan-kesan tempat tinggal kekinian yang nyaman.
  5. Menetap di micro house membuat Anda harus tekun lakukan decluttering. Janganlah sampai rumah Anda makin sempit serta sumpek sebab timbunan beberapa barang tidak terpakai. Anda tidak hanya dituntut membenahi area untuk menyimpan dengan bagus, dan juga perlu singkirkan barang yang tidak terpakai.
Baca:  Tips Mudah Memilih Distributor Lantai Vinyl Terbaik

Jika Anda beli tempat rumah dengan luas yang tidak besar, tersisa bujet bisa digunakan untuk membuat micro house. Coba membuat ide rumah yang nyaman serta sesuai keperluan Anda sekeluarga. Kekurangan tempat tidak jadi permasalahan besar seandainya Anda dapat mengakalinya.

Related Posts

About The Author