Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Sempurna

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Sempurna – Yang menjadi ciri utama tanaman berbunga sempurna adalah mempunyai bagian – bagian bunga yang menyimpan organ – organ seksual. Adapun syarat guna melakukan penyerbukan adalah harus ada 2 organ seksual yaitu jantan dan betina di dalam satu bunga sejenis. Juga wajib memiliki bagian – bagian bunga yang terstruktur lengkap dilihat dari struktur anatomi bunga sempurna yang dimaksud.

Penyerbukan bunga sempurna dalam ilmu Biologi dikenal dengan istilah ‘polinasi’, dimana mengaplikasikan konsep dasar berupa kegiatan terhadap kelompok bunga sempurna yaitu memfokus kepada jatuhnya serbuk sari / polen pada bagian putik sehingga terjadilah proses pembuahan terhadap tanaman yang dimaksud.

Berikut di bawah ini kami berikan penjelasan tentang bagaimana cara untuk melakukan penyerbukan bunga sempurna yang mungkin dapat anda lakukan sendiri dan berhasil !

1 Penyerbukan Dengan Bantuan Hewan

Ini merupakan sebuah contoh hubungan yang bersifat ‘interaksi’ antar ‘komponen biotik’ dimana interaksi yang terjadi adalah termasuk ke dalam jenis ‘simbiosis mutualisme’. Kelompok hewan yang memberikan bantuan untuk penyerbukan akan memperoleh sumber ‘nektar’ dengan tujuan untuk menjadikan sumber nektar tersebut adalah sumber makanan mereka. Sedangkan untuk tanaman bunga yang dibantu dalam melakukan kegiatan penyerbukan adalah bertujuan mempermudah tanaman yang bersangkutan untuk berkembangbiak dan berbunga.

Bunga – bunga yang disukai oleh hewan polinator adalah rata – rata bunga yang mempunyai usia masih muda serta bermahkota tebal dan berlapis lilin / kuat dan awet dengan memiliki aroma khas disukai hewan – hewan tersebut.

Kegiatan dimulai dari hewan mengambil sumber nektar atau pada beberapa hewan polinator yang tubuh mereka melekat serbuk sari sehingga ketika mereka berada pada tanaman sejenis yang lainnya maka terjadilah proses penyerbukan. Proses selanjutnya akan berkembang menjadi pembuahan sehingga tumbuhlah ‘zigot’ sebagai hasil dari ‘reproduksi generatif’ pada tumbuhan yang dimaksud. Contoh hewan polinator adalah Kupu – Kupu, Burung, Lebah, ragam Serangga dan Siput.

2. Penyerbukan Dengan Bantuan Manusia

Cara ini dilakukan jika keadaan serbuk sari dan putik terhalang oleh struktur ‘anatomi’ bunga yang agak rumit sehingga penyerbukan dengan bantuan Manusia ini sulit untuk dilakukan jika anda ingin membudidayakan tanaman hias berbunga dalam skala besar. Namun jika berhasil, maka rata – rata hasil penyerbukan yang didapatkan adalah berukuran lebih besar dengan penampilan yang menarik.

Contoh tumbuhan berbunga yang sering dikembangkan dengan cara ini adalah Bunga Mawar, Bunga Kembang Sepatu, dan Bunga Vanili. Dimana ‘morfologi’ dari masing – masing bunga tersebut tidak jauh berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Proses / cara penyerbukan bunga sempurna bertujuan untuk memudahkan anda guna memperbaiki / meningkatkan pertumbuhan bunga yang dimaksud. Juga penyerbukan dapat berlangsung dengan objek beragam bunga.

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada para pembaca yang baik hati semoga mampu memberikan wawasan dan pengetahuan tentang proses, cara, dan jenis penyerbukan bunga sempurna. Terimakasih.

Sumber : Agrotek

About The Author