Pengertian Ancaman dan Contoh Ancaman

Kita sebagai bangsa Indonesia harus meningkatkan kewaspadaan kepada berbagai ancaman tersebut supaya keutuhan NKRI tetap terjaga dari berbagai ancaman. Tapi sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja jenis – jenis ancaman yang bisa terjadi pada suatu negara.

Karena ancaman yang kita hadapi pasti tidak sama, baik itu dari jenis atau pun besar kecilnya ancaman tersebut. Berikut ini adalah pembahasan secara rinci mengenai pengertian ancaman dan contoh ancaman.

Pengertian Ancaman

Secara umum, ancaman adalah suatu usaha atau pun kegiatan yang dilakukan oleh kelompok atau pun individu tertentu serta berpotensi membahayakan kesalahaman individu atau pun kelompok lain.

Selain itu, ancaman juga bisa didefinisikan sebagai suatu usaha atau kegiatan baik itu dilakukan di dalam negeri ataupun luar negeri yang dinilai bisa membahayakan kedaulatan negara.

Umumnya tujuan ancaman yaitu untuk merubah suatu negara menjadi berantakan dan hancur. Nah, kita sebagai bangsa Indonesia harus menghadapi ancaman tersebut melalui berbagai hal, salah satunya adalah harus memiliki kemampuan, daya tahan dan keuletan yang sangat tinggi.

Contoh Ancaman – Ancaman

Berikut ini adalah beberapa ancaman yang pernah terjadi, simak dengan baik.

1. Ancaman di Lingkungan Masyarakat

  • Gaya hidup konsumtif semakin tinggi di masyarakat ekonomi menengah kebawah
  • Rendahnya tingkat pendidikan di kalangan ekonomi yang kurang mampu, sehingga menyebabkan kualitas SDM rendah.
  • Sebagian masyarakat masih gagap teknologi, sehingga tidak bisa mengikuti perkembangan jaman yang ada.
  • Pembangunaan infrastruktur serta ekonomi tidak merata, sehingga menyebabkan ketimpangan sosial.
  • Tingginya tingkat kemiskinan serta pengangguran yang berpotensi meningkatkan kriminalitas di berbagai daerah tertentu di negara Indonesia.

Rendahnya tingkat pendidikan di kalangan ekonomi yang kurang mampu, sehingga menyebabkan kualitas SDM rendah. Sebagian masyarakat masih gagap teknologi, sehingga tidak bisa mengikuti perkembangan jaman yang ada.

Baca:  Manfaat Penting Pasang Behel Jogja

Pembangunaan infrastruktur serta ekonomi tidak merata, sehingga menyebabkan ketimpangan sosial. Tingginya tingkat kemiskinan serta pengangguran yang berpotensi meningkatkan kriminalitas di berbagai daerah tertentu di negara Indonesia.

2. Peristiwa Ancaman yang Pernah Terjadi

  • Terorisme internasional yang mempunyai jaringan antar negara.
  • Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh pihak Malaysia kepada negara Indonesia yang berlokasi di Ambalat, yakni laut Sulawesi pada tanggal 24 dan 25 Februari 2007. Serta kasus pulau Batik yang terjadi antara indonesia dengan Timor Leste.
  • Terjadinya sabotasi di Gelora Bung Karno saat momen Asian Games tahun 1962.
  • Adanya 22 kasus penyelundupan narkoba di Bandara Soekarno Hatta.
  • Terjadi penangkapan ikan laut ilegal pada Oktober 2018, yakni 2 (dua) kapal ikan asal Vietnam yang ditangkap di Laut Natuna.
  • Kasus e-KTP menjadi penyebab korupsi terkuak dimana – mana, salah satunya pelaku utamanya Setya Novanto.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai ancaman. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

sumber artikel : www.mastekno.com

Related Posts

About The Author