Mie Instan Bagi Ibu Hamil Serta Trik Mengatasinya

Dalam menjaga pola makan sehat sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Namun, terkadang ibu hamil juga sulit menahan diri untuk mengkonsumsi makanan yang spesial. Maka, harap berhati-hati apabila ibu hamil terhadap makanan mie instan, karena di dalamnya mengandung garam yang tergolong tinggi serta bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Mie Instan Bagi Ibu Hamil Serta Trik Mengatasinya

Garam atau sodium/ natrium setidaknya mempunyai tiga manfaat untuk tubuh, yaitu menjaga dalam keseimbangan cairan tubuh, membantu fungsi pada saraf, serta mempengaruhi cara kerja otot. Tentu, asupan garam yang berlebihan dalam waktu jangka panjang bisa berisiko terjadinya serangan penyakit seperti bengkak pada bagian anggota tubuh atau edema, tekanan darah tinggi, stroke, bahkan sakit jantung.

  • Bahaya Mie Instan pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, ibu hamil masih tetap membutuhkan asupan garam dalam jumlah yang cukup guna membantu untuk menjaga cairan pada tubuh. Ibu hamil tidak mutlak dilarang mengkonsumsi garam, hanya saja ada pembatasan untuk mengkonsumsi garam supaya tidak berlebihan. Sedangkan mie instan mengandung garam yang tinggi

Kendati kandungan sodium dalam setiap kemasan mie instan bervariasi, salah satu mie instan bisa mengandung kandungan sodium sekitar 861 mg di setiap kemasan. Sementara itu, konsumsi garam yang dianjurkan bagi orang dewasa tidak lebih dari 2.300 mg/ hari. Bahkan, bagi orang yang memiliki riwayat hipertensi, penyakit ginjal, diabetes, dalam asupan garam semestinya tidak lebih dari 1.500 gram/ hari.

Ketika melihat pada kemasan mie instan, jangan tergoda disaat pembeli tidak menemukan tulisan garam. Kenyataannya, dalam istilah garam pada kemasan makanan bisa ditemukan dalam berbagai nama, diantaranya adalah Na, natrium askorbat, natrium alginat, natrium bikarbonat, benzoat, klorida, natrium sakarin, serta monosodium glutamat atau disebut MSG.

  • Trik Sehat Makan Mie Instan Saat Hamil

Banyak yang mengakui bahwa mie instan mempunyai rasa yang lezat. Tetapi, dalam faktanya, mie instan tidak mengandung gizi yang sempurna. Mie instan tidak memiliki kandungan protein, vitamin, serat, dan mineral yang tidak bisa memenuhi kebutuhan dalam tubuh, khususnya ibu hamil.

Maka, ketika ibu hamil mengkonsumsi mie instan,dianjurkan untuk melengkapi nutrisi lengkap dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti sayuran hijau, jamur, wortel, daging ayam, atau bisa dengan telur.

Untuk menjadi acuan dalam mengkonsumi garam berlebih, maka lebih baik gunakan dengan komposisi dengan setengah takaran bumbu mie instan. Jangan mencoba untuk menambahkan garam.

Selain dalam membatasi asupan garam, ibu hamil dianjurkan untuk membatasi asupan lemak serta gula yang terlalu tinggi. Disarankan agar mengkonsumsi berbagai ragam jenis makanan dari kelompok sayuran, buah-buahan, gandum, biji-bijian utuh, dan produk olahannya seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan unggas.

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak untuk susu, keju, dan yoghurt. Untuk mencegah kekurangan air dan konstipasi pada ibu hamil, dianjurkan untuk memenuhi cairan pada tubuh untuk mengkonsumsi air 1,5 liter air per hari. Tentunya semua itu agar anak anda nantinya mempunyai kepintaran dalam proses belajar calistung.

Related Posts

About The Author