Mengenal Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan Jantung

vitamin B kompleks sama seperti halnya vitamin A yang berguna hanya untuk mata. Seringkali kita juga disesatkan dengan anggapan bahwa vitamin B kompleks itu hanya untuk mengatasi dan mencegah penyakit beri-beri. Padahal, vitamin B itu ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak dan lengkap. Vitamin B bukanlah vitamin tunggal seperti layaknya vitamin C atau vitamin vitamin yang lainnya. Vitamin B memiliki banyak sekali jenisnya.

Satu jenis vitamin B memiliki nama dan komposisi kimia yang berbeda-beda. Sehingga, dengan mengonsumsi vitamin B secara lengkap maka kebutuhan tubuh akan berbagai vitamin dan mineral penting yang terdapat di dalam vitamin B kompleks ini dapat terpenuhi dengan baik.

Info Jenis Vitamin B

Berikut ini adalah beberapa tipe atau jenis vitamin B berserta fungsinya.

vitamin b kompleks
Mengenal Vitamin B

Vitamin B1

Vitamin B1 ini dikenal juga dengan nama ilmiahnya yaitu tiamin yang meiliki fungsi sebagai pengubah karbohidrat yang berasal dari bahan makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, tiamin ini pula yang membantu tubuh untuk memproduksi berbagai enzim yang dibutuhkan untuk pembentukan sel, jaringan, otot dan hati. Bagi para penderita penyakit jantung, tiamin juga sangat dibutuhkan karena dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh, mencegah terjadinya komplikasi kardiovaskular, serta kesehatan dan vitalitas tubuh secara umum. artikel lainnya jual foredi di makassar

Untuk itu, bagi para penderita penyakit jantung, vitamin B1 ini sangat disarankan untuk secara rutin dikonsumsi setiap hari melalui berbagai bahan makanan dan hidangan yang dimakan setiap hari. Ada banyak sekali jenis makanan yang menjadi sumber tiamin, seperti sereal, roti, tepung terigu, nasi, dan berbagai jenis makanan laut seperti kepiting dan udang.

Vitamin B2

Vitamin B2 adalah jenis lain yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Nama lain dari vitmain B2 ini adalah riboflavin. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, vitamin B2 ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan vitamin B1, yaitu membantu tubuh mengolah karbohidrat yang didapatkan dari makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh enzim-enzim yang sangat berguna untuk pembentukan jaringan, otot, dan menjaga kesehatan hati. Vitamin B2 bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi bayam, brokoli berbagai jenis jamur, susu, ayam dan keju.

Vitamin B3

Vitamin sangat penting bagi tubuh kita. Vitamin yang juga dikenal dengan nama niasin ini memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut, serta mengubah karbohidrat menjadi energi. baca juga minyak kutus kutus makassar

Vitamin yang satu ini juga sangat dibutuhkan oleh para penderita jantung yang biasanya mengalami nafsu makan yang menurun akibat konsumsi berbagai jenis obat-obatan untuk mengatasi penyakitnya. Selain itu, dengan sistem pencernaan yang sehat maka metabolisme tubuh secara keseluruhan pun akan mengalami perbaikan. Sehingga, hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan para penderita penyakit jantung yang umumnya terlihat lemah dan kurang bergairah. Vitamin B3 ini bisa didapatkan denganmudah dari bahan-bahan makanan yang berasal dari padi-padian, daging sapi, jamur dan kacang kacangan.

Vitamin B5

Vitamin yang biasa disebut dengan Pantothenic Acid ini adalah salah satu jenis vitamin B yang sangat berguna untuk memecahkan karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Inilah yang membuat asupan Pantothenic Acid sangat dibutuhkan oleh para penderita penyakit jantung yang mengalami penyempitan pembuluh darah pada jantung akibat lemak yang berlebihan serta pengapuran.

Vitamin B5 jug berfungsi dalam pembuatan vitamin D untuk mencukupi kebutuhan tubuh serta memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Secara umum, vitamin B5 ini berperan penting dalam pertumbuhan dan pembentukan. Sumber makanan yang menghasilkan vitamin jenis ini adalah alpukat, semangka, ikan sarden dan ayam.

Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita. dosis yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin B6 ini sebenarnya tidaklah seberapa. Namun, jika kebutuhan yang sedikit tersebut kita penuhi maka akan ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh. Vitamin B6 ini akan bekerja sama dengan kobalamin, asam folat, dan niasin untuk menggerakkan beberapa organ vital di dalam tubuh, seperti paru-paru, jantung, dan ginjal.

Vitamin B6 akan membantu tubuh membentuk protein dengan mengubah asam amino yang diperoleh dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Vitamin ini juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel darah merah dan pembentukan hemoglogin, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membentuk energi dari cadangan gula yang tersimpan di dalam tubuh.

Konsumsi vitamin B6 ini seringkali sangat disarankan bagi para penderita jantung, penderita asma dan diabetes mellitus, serta bagi ibu hamil agar pertumbuhan janin di dalam kandungannya baik dan membantu pertumbuhan anak-anak. Asupan vitamin B6 bagi para penderita jantung dapat mengatasi berbagai gangguan tidur dan insomnia yang sering dialami penderita penyakit jantung tersebut.

Vitamin B6 bisa didapatkan dari berbagai jenis daging unggas, pisang, buah yang berwarna ungu, saruran berwarna hijau, kacang-kacangan, jagung, hati, ragi, tomat, kentang, ikan dan daging sapi.

Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin memegang peranan dalam pembentukan hormon di dalam tubuh serta memecahkan protein dan karbohidrat menjadi energi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk dapat beraktivitas. Vitamin B7 bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan, seperti daging ikan salmon, sereal, pisang, kacang kacangan, telur dan susu.

Vitamin B9

Vitamin B9 adalah salah satu jenis vitamin B yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dan regenerasi sel-sel tubuh terutama perkembangan sel dan saraf-saraf pada janin, serta bertugas sebagai pembentuk sel darah merah.

Selain itu, vitamin B9 ini juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membentukan DNA. Regenerasi sel sangat dibutuhkan bagi para penderita jantung karena sel sangat dibutuhkan bagi penderita jantung karena dengan adanya penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah di jantung, menyebabkan banyak sekali sel-sel di jantung yang mengalami kerusakan akibat kurangnya asupan nutrisi dan oksigen pada bagian sel tersebut sehingga dengan asupan vitamin B9 yang cukup, maka diharapkan akan membantu regenerasi sel-sel yang baru.

Sumber makanan penghasil vitamin B9 ini yaitu susu dan semuaproduk olahan susu, berbagai sayuran berdaun hijau, melon, bit dan hati.

Vitamin B12

Vitamin B12 seringkali diresepkan untuk para penderita penyakit jantung untuk mencegah dan menghindari serangan jantung. Namun selain itu, vimtain B12 yang disebut juga kobalamin ini memiliki kemampuan untuk mengubah protein, karbohidrat, dan lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh; menjaga dan melindungi sel-sel saraf; mencegah penyakit jantung dan terjadinya serangan jantung; memiliki kemampuan untuk menjaga sel-sel darah merah agar tetap dalam kondisi sehat; serta menambah daya ingat (mencegah terjadinya penyusutan otak yang berakibat pada menurunnya daya ingat).

Kobalamin ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging ikan, susu, peroduk kedelai dan olahannya, rumput laut, daging sapi, berbagai jenis daging ikan, hati dan telur.

Demikian informasi mengenai manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan jantung, pada artikel berikutnya kami akan menginformasikan tentang manfaat vitamin C untuk penyakit jantung, ditunggu ya..

Related Posts

About The Author