Mengenal Manggis Yang Mempunyai Banyak Manfaat

Mengenal Manggis Yang Mempunyai Banyak Manfaat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manggis adalah buah dari multi fungsi yang banyak manfaatnya. Tidak hanya buah, tetapi juga kulit dan pohon.

senapananginpedia.com

Pertama, kulit manggis diproses menjadi salep untuk mengobati gatal yang merupakan penyakit kulit. Di Thailand digunakan untuk menyembuhkan infeksi kulit, luka, dan diare. Sementara itu, di sri lanka, India, dan Myanmar digunakan untuk menyembuhkan diare.

Tidak hanya kulit, bagian lain seperti daging buah yang rasanya manis dan asam juga diyakini mengobati diare dan sakit gigi.

Tidak hanya buah ini yang telah digunakan sejak dahulu, sudah sejak lama warga Filipina menggunakan ekstrak kulit batang mangosteen untuk menyembuhkan diare, penyakit kandung kemih, dan sakit karena sakit perut. Di Malaysia, daun manggis sering diseduh serta dicampur dengan pisang muda. Ramuan digunakan oleh masyarakat untuk menyembuhkan luka setelah disunat.

Ekstrak kulit kayu dari pohon manggis juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit ketika menstruasi dan suplemen untuk mengatasi penyakit jantung, stroke, dan darah tinggi.

Menurut Penulsuran senapananginpedia.com bahwa di Jepang, daun dan kulit dari manggis digunakan untuk menyembuhkan proriasis, dan hiperkateratosis. Sementara di Brazil, buah mangosteen diproses dan digunakan sebagai teh untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Jika kita berbicara tentang negara lain yang memanfaatkan buah ini, Indonesia telah lama menggunakan buah ini sebagai konsumsi buah-buahan dan bahan herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Di Indonesia, manggis digunakan untuk menyembuhkan demam dan sembelit. Kulit diekstraksi ke bubuk juga berguna untuk mengobati penyakit diare / disentri.

Ternyata bahwa hampir semua bagian tanaman dapat digunakan untuk obat dari daun, buah, akar, dan kulit. Di bagian yang mengandung senyawa tersebut obat keras, seperti getah, tannin, flaponoid, dan polifenols. Sangat berguna, buah ini dijuluki dengan buah terbaik dari daerah tropis.

Baca:  Jenis dan Makna Bunga Dalam Pernikahan

Buah dapat dikonsumsi mentah karena memiliki rasa segar manis dan asam juga dapat diproses ke obat herbal yang sangat bergizi.

Related Posts

About The Author