Kelebihan dan Kekurangan Jam Tangan Keramik yang Wajib Anda Ketahui

Selama beberapa waktu terakhir, banyak perusahaan jam tangan terus bereksperimen dengan bahan yang akan digunakan pada jam tersebut, seperti jam tangan Casio, Daniel Wellington dan masih banyak lagi. Beberapa bahan yang sering digunaka untuk eksperiment, seperti logam mulia hingga “carbo-tech” buatan perusahaan itu sendiri. Hal ini dapat dikatakan jika jam tangan dapat dibuat dari hampir semua bahan. Salah satu bahan unik yang juga dimanfaatkan untuk jam tangan adalah keramik. Bahan ini dapat ditemukan di tali, kasing, dan bingkai jam tangan. Tapi apa sebenarnya jam tangan keramik itu?

Apa yang dimaksud dengan jam tangan keramik?

Bahan keramik yang digunakan dalam jam tangan berbeda dari keramik biasanya. Keramik didefinisikan sebagai bahan apa saja yang anorganik, non-logam dan bersifat padat. Bahan berteknologi tinggi ini jauh berbeda dari keramik rapuh yang biasanya ditemukan pada peralatan masak atau tembikar.

Beberapa brand keramik  menggunakan bahan murni dan senyawa logam untuk menciptakan elemen tahan lama yang ditemukan di pada jam tangan. Beberapa brand tersebut menggabungkan bubuk dengan paduan berbeda untuk menciptakan variasi bahan yang unik.

Keramik adalah salah satu material paling sulit yang diketahui artinya rekayasa materialnya sangat sulit. Di sisi lain, karena sangat sulit, jam dengan bahan keramik sangat tahan terhadap gesekan. Keramik yang akan dibuat menjadi jam tangan ditekan ke bentuk yang diinginkan. Kemudian, potongan-potongan yang sudah terbentuk dipanggang pada suhu yang sangat tinggi. Setelah keramik selesai didinginkan, kemudian digiling menjadi bentuk yang diinginkan dan dipoles. Selama proses pemanasan dan pendinginan ini, keramik dapat diubah menjadi berbagai warna dan seringkali dilapisi dengan lapisan logam mulia yang sangat halus.

Baca:  Cara Menghilangkan Karat yang Membandel

Kelebihan jam tangan keramik

Tahan gores

Keramik menawarkan ketangguhan yang berbeda dengan logam tradisional pada jam tangan, seperti stainless steel atau emas. Itu dianggap sebagai bukti awal dan tidak menunjukkan tanda-tanda memakai, Bahahkan setelah bertahun-tahun digunakan, jam tangan  dengan bahan ini masih tetap terlihat seperti baru. Keramik juga tidak terpengaruh oleh sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari, yang berarti bahwa warnanya tidak akan pudar. Banyak merek memilih untuk menggunakan keramik dalam model jam tangan olahraga dan menyelam karena dapat menahan erosi kimia dan anti-magnetik.

Bahan yang lebih ringan

Meskipun keramik kuat dan sepertinya terlihat berat ketika digunakan di pergelangan tangan, ternyata bahan ini sebenarnya sangat ringan dan menyaingi aluminium dalam skala. Bahan yang ringan juga membuat jam tangan nyaman dipakai. Anda tidak perlu khawatir pergelangan tangan Anda terasa tidak nyaman.

Tidak menyebabkan alergi

Hampir semua jam tangan keramik tidak mengandung lapisan atau logam apa pun. Ini berarti bahwa bahkan orang-orang dengan kulit sensitif masih dapat memakai jam tangan ini tanpa harus khawatir tentang reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Kekurangan jam tangan keramik

Sedikit lebih rapuh

Meskipun bahan keramik sangat tahan lama dan dapat menahan goresan, namun, karena struktur molekulnya sedikit rapuh h. Jika kasing keramik jatuh ke permukaan yang keras dari jarak yang cukup tinggi, ada kemungkinan besar akan pecah.

Lebih sulit untuk dibuat menjadi jam tangan

Meskipun bagian ini tidak mempengaruhi pemakainya, banyak perusahaan harus bekerja keras untuk mendapatkan keramik yang tepat. Proses pemanasan dan pendinginan memakan waktu dan sulit untuk dikrontrol dengan mesin. Setelah dicetak, keramik masih perlu menjalani pemolesan untuk menghaluskan permukaan keramik tersebut.

Baca:  Cara Mengatasi Sulit Terhubung di WhatsApp Web

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jam tangan keramik yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan beberapa informasi tersebut, Anda dapat mengetahui lebih dalam tentang jam tangan keramik sebelum memutuskan untuk membelinya.

Related Posts

About The Author