Karakter Daripada Bahan Kain Jenis Katun

Jasa Cetak Kain Jakarta – Sudah pernahkah Anda mendengat kain cotton? Jika pernah, itu ialah nama lain dari kain katun. Katun terdengar lebih familiar dibandingkan bahan kain lainnya, sebab bahan yang dipakai dibuat dari serat alami yakni kapas atau Gossypium.

Beberapa jenis Bahan Kain Cotton/Katun :

Katun Carded
Cotton carded ini sebetulnya hasil tiruan atau KW dari combed. Bila disaksikan dari karakter bahan, cotton carded ini mempunyai struktur yang cukup kasar, cukup panas bila digunakan untuk pekerjaan yang banyak lakukan gerakan atau kegiatan yang keluarkan keringat.

Antara semua tipe bahan cotton. bahan ini memiliki harga yang benar-benar murah, begitu juga dengan mutunya yang benar-benar rendah. Namun saja bahan kain ini masih laku di pasar.

Produsen manfaatkan bahan ini untuk mengincar customer pasar fragmen menengah ke bawah biasanya.

Bahan Katun Bamboo
Cotton bamboo ini mempunyai struktur yang halus, dingin, lembut serta nayaman sekali digunakan.

Bahan ini dapat menyerap keringat dengan optimal, bahan ini dapat menyingkirkan perkembagan bakteri di baju. Daya serapnya pada cahaya ultraviolet tambah lebih kecil disbanding dengan tipe cotton combed.

Bahan ini dihargai dengan benar-benar mahal, tetapi sebandinglah dengan kualitas yang dirasa oleh konsumen. Bahan ini dibuat dari kapas kualitas premium yang digabungkan dengan bambu.

Biasanya produk bahan ini cuma dipasarkan oleh merek besar yang buka outlet di mall.

Bahan Katun Combed
Nama bahan ini telah familiar di pasar, dapat disebutkan bahan ini yang merajai pasaran produk fashion. Proses produksinya yang benar-benar jeli membuahkan kualitas kain yang benar-benar bagus serta teksturnya populer secara halus waktu sentuh kulit.

Sebetulnya cotton combed ini terbagi dalam beberapa macam , tetapi pada umumnya bedanya cuma pada ketebalan dan jarak kerapatan benang waktu proses pengerjaan. Tidak hanya dari itu, semua sama, nyaman digunakan serta harga dapat dijangkau.

Bahan Katun Supima
Supima ini sebetulnya singkatan dari Superior Pima yang dalam bahasa Indonesia ditranslate jadi cotton unggul. Supima ini jadi produk jagoan sekaligus juga jadi keunikan daerah sebab bahan baku dari produk ini cuma datang dari perkebunan Pima di USA.

Baca:  Cara Merawat Tas Kulit Agar Awet

Harga produk berbahan ini tinggi sekali di pasar, sebab beberapa pakar tekstil juga tidak sangsi mengklaim tipe cotton supima ini adalah kapas kualitas paling baik di dunia.

Tetapi di kehidupan setiap hari kita umumnya cuma kenal kain katun yang benar-benar familiar di pasar, tidak hanya mutunya yang sangat bagus harga kebih dapat dijangkau. Berikut beberapa jenis katun yang biasa kita dengar serta kita lihat.

Bahan Katun Supernova
Tipe kain katun supernova ini benar-benar dingin, halus serta lembut. Karakteristiknya yang mudah tapi tidak jatuh. Katun supernova adalah salah satunya bahan kain yang nyaman untuk digunakan jadi pakaian, serat kainnya yang merasa empuk, halus , serta tidak licin bila diraba.

Disamping itu tentu saja harga juga benar-benar dapat dijangkau. Benang halus pada kain ini cukup tidak sama berbahan katun biasanya, bila disaksikan jarak dekat kelihatan serat bennag halus yang terlihat terburai dipermukaan kainnya.

Itu adalah keunikan berbahan katun pada umumnya. Bahan supernova ini banyak dibuat untuk gamis, pakaian resmi, hijab atau pakaian koko.

Katun Ima Slub Impor serta Ima Polos
Ke-2 bahan katun ini sebetulnya sama, Perbedaannya cuma pada permukaan kain, katun Ima polos permukaan kainnya mulus serta polos sedang katun slub struktur bennag yang sama-sama silang pada permukaan kain akan kelihatan. Berikut struktur spesial untuk tipe katun Ima Slub.

Katun ini mempunyai dan bennag yang lebih bagus dari katun supernova. Serat kainnya lebih rapi. Katun ini adalah produk import dari Jepang, detail ketebalan kain memang hampir sama juga dengan katun supernova tapi untuk kualitas masih di atas katun supernova.

Bahan Katun Jepang Polos Tokai Senko
Tipe katun ini sebetulnya produksi lokal, tetapi mutunya bagus. Tipe berbahan memang cukup tidak sama dibanding supernova, Ima serta Tayobo sebab lebih kaku, tetapi termasuk mudah serta serat benang yang rapat.

Walau bahan kain ini bawa embel-embel katun jepang, sebetulnya bukan import dari jepang tetapi dari pablrik lokal yang mendapatkan lisensi dari jepang. Katun Jepang ini lebih diketahui dengan motifnya, meskipun ada banyak produksinya yang bebahan polos.

Baca:  Rekomendasi Tas Seminar Jakarta Paling Murah Meriah

Kain Katun Toyobo Orisinal Impor
Bahan katun ini mempunyai karakter yang tidak kaku, halus, dingin, mudah, serta cukup licin. Bahan kain ini pas dipakai untuk bahan pakaian resmi atau nin resmi, sebab kulitasnya yang terbaik dari beberapa jenis bahan katun yang diterangkan di atas.

Serabut halusnya juga rapi bila disaksikan dari jarak dekat serta bahan katun Toyobo ini lebih tebal dari katun ima, katun ini adalah “kakak”-nya dari sisi kualitas. Kain ini jadi target merek fashion jilbab yang mengutamakan kualitas paling baik.

Kain Katun Silk Sutera
Katun sutera dibuat dari kepompong ulat sutera. Tetapi katun slik ini kombinasi kain sutera serta kain katun. Beberapa ciri bahan kain ini seperti berikut

Mempunyai bahan yang mudah dengan struktur licin ciri khas sutera
Permukaanya halus serta kuat
Nyaman dipakai
Walau mudah, katun ini kuat serta bertahan lama

Katun Cina
Kain katun cina ini beberapa orang mengatakan dengan katun twill. katun ini mempunyai kualitas yang hampir sama juga dengan katun jepang. Katun twill umumnya lebih tipis serta warnanya tidak tajam. Katun twill ini banyak digunakan untuk menghasilkan sprei tapi mutunya rendah.

Katun Satin Jepang
Sesuai namanya katun ini datang dari jepang. Beberapa ciri katun satin jepang ini mempunyai struktur yang lembut, warna yang kuat, dingin serta dingin di kulit, serta mempunya pilihan warna yang banyak. Hingga katun satin Jepang ini banyak dipakai untuk bikin baju.

Katun Minyak
Katun ini kelihatan mengkilat atau berminyak, itu penyebabnya diberi nama katun minyak. Katun minyak belum kebanyakan diketahui walau sebenarnya katun ini sama juga dengan katun lainnya. Tidak hanya mengkilap, beberapa ciri lainnya dari katun ini mempunyai daya serap keringat yang cukup, kilapnya akan menyusut sesudah seringkali pencucian, harga juga sama juga dengan katun biasa.

Katun Rayon
Katun rayon bisa dikenal dengan beberapa tanda di bawah ini.

Berbahan gampang jatuh
Nayman, dingin dipakai
Struktur bahan yang cukup licin serta mudah
Gampang menyerap keringat
Gampang kusut

Baca:  Bocoran Untuk Merawat Tas Agar Awet

Kain Katun Bangkok
Kain ini datang dari Bangkok. Ciri paling mencolok ialah motifnya yang bau ciri khas Thailand seperti gambar gajah, istana Bangkok serta yang lain. Beberapa ciri lainnya seperti memili struktur yang cukup kasar, lebih tipis dari katun biasa, transparan.

Katun Biasa
Katun biasa ini jadi grade yang paling bawah, kualitas serta harga juga condong tambah murah. Beberapa ciri yang dipunyai katun biasa diantaranya

Harga yang relative murah
Daya serap keringat sedang
Warnanya berbagai macam serta awet
Mempunyai banyak jenis motif seperti polkadot, garis-garis, bunga atau abstrak.

Kelebihan Bahan Kain Katun
Tidak panas waktu dipakai, bahan ini dapat menyerap keringat secara baik
Nyaman digunakan, berasa dingin serta lembut bila bersentuhan dengan kulit
Kuat serta bertahan lama
Menyerap keringat secara baik

Kekurangan Bahan Kain Katun
Gampang kusut sebab teksturnya cukup kasar walau bergantung dengan tipe kain yang dipakai
Gampang luntur

Langkah Menjaga Kain Katun
Suhu air, pakai air panas untuk hilangkan noda, tetapi jangan begitu panas sebab akan membuat berkurang
Menyetrika, jangan mengeset suhu setrika begitu panas, cukup suhu hangat saja supaya tidak terbakar atau tinggalkan warna menguning
Pisahkan warna, sebab kekurangan berbahan katun ini gampang luntur, karena itu janganlah lupa untuk memisahkan baju yang yang gampang luntur.

Sebetulnya ada banyak beberapa jenis kain berbahan katun ini, sebab bahan ini jadi bahan yang benar-benar disukai oleh produsen dan customer.

Tapi beberapa beberapa jenis yang telah diterangkan di atas cukup sudah memberikan keyakinan jika bahan katun ini pas untuk digunakan jadi baju.

Ada banyak toko clothing, distro serta konveksi yang sediakan baju dengan bahan katun, dengan kualitas serta harga yang beragam diantaranya teespro yang layani konveksi kaos bandung serta semua Indonesia.

Demikian juga pada harga berbahan katun ini benar-benar beragam, bergantung dari tipe kain yang dipakai. Hanya itu penjelasan singkat mengenai bahan kain katun, mudah-mudahan berguna

Related Posts

About The Author