Inilah Fungsi Lidah Buaya yang Bisa Dimanfaatkan dalam Kehidupan Sehari – hari

Lidah buaya, tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera ini adalah salah satu bahan alami yang tidak jarang kita jumpai dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Tidak diragukan lagi memang beragam fungsi lidah buaya.

Kandungan lidah buaya yang banyak, kini sering dimanfaatkan sebagai alat kecantikan atau bahan utama dari produk kosmetik yang sangat baik bagi kecantikan.

Namun, selain baik untuk kecantikan, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit tangan.

Seperti misalnya anda bisa menggunakan cream yang berbahan dasar utama lidah buaya atau bisa ditemukan di bahan pencair cuci piring yang mengandung lidah buaya yang mampu menjadikan kulit anda lebih lembut dan lebih lembab.

Namun, tahukah anda beberapa fungsi lidah buaya yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Diantaranya sebagai berikut :

Mampu mengobati jerawat

Inilah Fungsi Lidah Buaya yang Bisa Dimanfaatkan dalam Kehidupan Sehari – hari

Dalam hal ini, kandungan senyawa aktif yang biasa disebut polifenol inilah yang mampu bermanfaat dalam mencegah timbulnya bakteri yang merupakan faktor tumbuhnya jerawat.

Sebelum mengaplikasikannya pada bagian yang berjerawat, cuci dulu wajah anda terlebih dahulu setelah itu mengoleskannya. Untuk hasil lebih optimal, gunakan perawatan dari dalam yang berupa obat jerawat dari dokter.

Menyembuhkan luka di kulit

Senyawa glukomanan dan juga gliberelin yang ada dalam lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka dikulit. Senyawa inilah yang mampy meningkatkan sirkulasi darah dan juga membentuk kolagen di sekitar luka agar mampu membentuk jaringan baru agar lebih cepat.

Tak hanya itu, senyawa aktif juga mampu mencegak sel radang gusi disekitar luka agar tidak mati. Fungsi lidah buaya inilah yang juga mampu mengurangi munculnya bekas pada luka. Cara menyembuhkan luka tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Pertama, bersihkan luka hingga benar – benar bersih.
  2. Selanjutnya, pastika bahwa pendarahan sudah berhenti. Jika belum berhenti, berika tekanan pada luka dengan menggunakan kasa.
  3. Setelah itu, oleskan gel / daging lidah buaya pada bagian luka secara merata.
Baca:  Mengenal Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan Jantung

Pastikan bahwa keadaan luka harus benar – benar bersih dan pastikan pula gel lidah buaya juga banar – benar bersih.

Menyembuhkan luka bakar

Kandungan air yang cukup tinggi dan memiliki sifat dingin pada gel lidah buaya inilah yang sering dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar akibat panas ataupun akibat dari zat kimia tertentu.

Tak hanya itu, kandungan anti bakteri yang ada juga mampu mencegak infeksi sekunder dan efek antioksidannya mampu menghambar reaksi peradangan yang ada pada luka bakar.

Untuk mendapatkan manfaat dari fungsi lidah buaya ini anda cukup mengoleskan gel pada luka bakar secara rutin 2 kali dalam sehari selama 6 minggu. Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun agar efek penyembuhannya lebih baik lagi.

Mampu menghilangkan plak gigi

Memiliki masalah pada gigi seperti plak adalah salah satu masalah yang membuat tingkat kepercayaan diri berkurang dan tidak percaya diri untuk tersenyum. Hal ini bisa diatasi dengan adanya fungsi lidah buaya. Penyebab munculnya plak gigi ini dikarenakan terdapatnya zat dari bakteri yang di rongga mulut.

Gunakan gel lidah buaya sebagai tambahan larutan pada obat kumur atau bisa juga dengan cara memblender gel dengan sedikit air untuk mengatasi hal tersebut. Tak hanya untuk menghilangkan plak saja, lidah buaya juga mampu untuk membantu dalam memutihkan gigi yang kuning. Gunakan secara rutin setidaknya 2 kali sehari selama 1 bulan.

Related Posts

About The Author