Hobi Mendaki, Butuhkah Trekking Pole?

Kutub pendakian adalah perlengkapan standar bagi banyak pendaki berpengalaman – tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Jawabannya mungkin — ada beberapa kondisi di mana saya menggunakan tiang pancang di bawah dan beberapa tidak. Inilah cara Anda harus menentukan apakah Anda membutuhkan tiang trekking atau tidak.

Tiang trekking (juga dikenal sebagai tiang pendakian) pada dasarnya adalah tiang ski dengan pegangan yang Anda gunakan saat hiking dan trekking. Tiang trekking hampir selalu digunakan berpasangan. Ada juga sesuatu yang disebut staf hiking (juga dikenal sebagai tongkat hiking) yang merupakan satu tiang. Kebanyakan pejalan kaki pergi dengan dua tiang pendakian di atas staf hiking. Saya pikir pasangan hanya memberikan lebih banyak manfaat.

Setelah bertahun-tahun menggunakan kutub trekking, inilah yang saya pelajari tentang menggunakannya (dan tidak menggunakannya).

Mengapa Menggunakan Tiang Trekking?


Saya menggunakan tiang pendakian saat membawa ransel yang lebih berat. Tidak perlu disiasati bahwa ketika Anda memiliki beban yang serius di punggung Anda, tiang pendakian dapat membantu Anda tetap stabil, terutama di lereng yang curam atau menurun. Apakah mereka meregangkan lutut saya? Tidak juga, tetapi lebih lanjut tentang itu nanti.
tiang pendakian dan paket yang berat


Memiliki semua beban ini di punggung Anda tidak alami untuk seimbang. Memiliki tiang trekking membantu Anda tetap stabil.
Jika kenaikan Anda membutuhkan penyeberangan sungai, tiang trekking sangat bagus. Memiliki dua tiang untuk melubangi jalan Anda di serangkaian batu licin sangat berharga. Bahkan jika saya tidak menggunakan tiang trekking pada kenaikan saya, saya biasanya akan membawanya dalam paket saya hanya karena alasan ini. Demikian pula, jika saya perlu menguji kedalaman sungai atau melihat seberapa berlumpur bagian bawahnya, tiang trekking menyelesaikan pekerjaan.
trekking lintas tiang penyeberangan

Baca:  Atletico: Semoga Griezmann Diperlakukan dan Dicintai seperti Ketika di Sini


Tiang trekking benar-benar bersinar pada penyeberangan sungai seperti ini. Memiliki dua titik jangkar ekstra membuat Anda merasa aman saat berjalan melintasi batu yang longgar, kecil, atau licin.
Jika Anda hiking di kondisi musim dingin, tiang trekking sangat bagus untuk keseimbangan di jalur yang licin dan bersalju. Dan ketika Anda menyeberangi sungai beku, menggunakan tiang trekking untuk menguji es adalah pilihan yang bagus.


Kutub pendakian bagus untuk dimiliki di negara beruang dan gunung singa. Saya tidak pernah benar-benar melawan binatang, tetapi saya sering berpikir bahwa jika saya diserang, menyiapkan tongkat trekking di tangan akan lebih baik daripada tidak memilikinya.


Jika Anda berjalan kaki di area dengan poison ivy, poison oak, jelatang, atau tanaman lain yang ingin Anda hindari, tiang trekking memberikan cara mudah untuk mendorong mereka dengan lembut ke samping dan mendaki.


Jika Anda memiliki lereng yang curam, trekking dapat memberikan titik jangkar yang baik untuk diseimbangkan saat Anda mendaki.
Demikian juga, jika Anda berada di lereng curam, Anda dapat menggunakan kutub untuk menggali dan menarik diri.
Jika Anda ingin menjadikan gerak tubuh Anda lebih sebagai latihan seluruh tubuh, tidak dapat disangkal bahwa menggerakkan lengan Anda maju dan mundur akan membantu Anda mengeluarkan sedikit lebih banyak energi. Menyenangkan juga mengikuti irama dengan tongkat pendakian.


Jika tangan Anda membengkak saat hiking, menggunakan tiang trekking akan menjaga tangan lebih dekat ke tingkat jantung, meningkatkan kembali darah ke jantung Anda.
Anda dapat menggunakan tiang pendakian sebagai penopang untuk tempat penampungan ultralight. Ini akan menghemat beberapa berat dalam paket Anda. Bahkan jika Anda hanya hiking seharian, memiliki tempat penampungan ultralight di paket Anda (dan tiang pendakian untuk mendukungnya) adalah cara yang bagus untuk bersiap menghadapi keadaan darurat

Penampungan ultralight adalah cara yang bagus untuk berkemah tanpa beban berat. Panjat tiang pendakian Anda untuk mendukung tempat berlindung.

Baca:  Sebelum Mengembuskan Napas Terakhir, Sutopo Minta Ciptakan Santri Peduli Bencana

Apakah Hiking Poles Benar-Benar Menghemat Lutut Anda?
tiang pendakian menghemat lutut
Menggunakan tiang pendakian seperti ini mungkin tidak banyak membantu lutut Anda.
Banyak artikel mengutip studi tahun 1999 yang mengatakan bahwa menggunakan tiang pendakian membutuhkan hingga 25% dari tekanan lutut Anda. Realitas bagi sebagian besar pejalan kaki tidak sehebat itu. Faktanya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan apa pun antara kutub penyerap kejut, kutub biasa, dan tidak ada kutub.

Secara pribadi, saya menderita sakit lutut dengan dan tanpa kutub. Saya menghentikan nyeri lutut sepenuhnya dengan hanya menggeser berat badan saya. Alih-alih menyerang tumit, saya sekarang fokus untuk menginjak bagian depan dan kaki saya. Ini melibatkan “peredam kejut alami” pada paha belakang saya untuk menahan setiap goncangan pada langkah saya. Saya pikir hiking dengan tiang trekking secara alami memungkinkan orang untuk menggeser berat badan mereka (dan pukulan kaki ke depan), yang mungkin merupakan faktor dalam studi penurunan ketegangan tersebut. Jadi, jika Anda ingin membantu Anda berlutut, saya sarankan menggeser berat badan Anda ke depan saat hiking dengan tiang trekking.

Related Posts

About The Author