Cara Mengatasi Sulit Terhubung di WhatsApp Web

Bagi Anda pengguna WhatsApp Web yang sering mengalami masalah terhadap konektivitas atau sulit untuk terkoneksi dengan layanan tersebut? Berikut ini hal-hal yang boleh Anda lakukan.

WhatsApp Web merupakan “kepanjangan tangan” dari aplikasi WhatsApp. Maka untuk menggunakan WhatsApp Web, pada dasarnya Anda harus sudah mempunyai akun WhatsApp yang aktif di perangkat smartphone. Untuk pengguna yang masih sangat awam dengan WhatsApp Web, Anda tinggal menuju ke web.whatsapp.com di komputer kemudian mengikuti petunjuk yang sudah diberikan untuk menghubungkan akun WhatsApp di ponsel melalui (QR code) kode QR.

WhatsApp Web sendiri merupakan penunjang aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel. Maka masalah konektivitas, baik itu di komputer maupun telepon seluler, merupakan dua alasan utama Anda. Mungkin jadi tidak bisa mengirim atau menerima chat WhatsApp Web.

Berikut ini merupakan informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, merujuk kepada laman resmi pusat bantuan WhatsApp:

Masalah konektivitas telepon

Seperti telah disebutkan di atas, WhatsApp pada dasarnya merupakan penunjang yang mesti terhubung ke ponsel untuk mensinkronisasikan pesan yang akan Anda terima. Maka jika ponsel milik Anda tidak bisa terhubung dengan WhatsApp, otomatis WhatsApp Web juga tidak akan bisa digunakan. Sehubungan dengan hal itu, langkah pertama yang dapat dicoba di ponselmu yaitu:

Buka WhatsApp pada ponsel Anda dan cobalah untuk mengirimkan pesan. Bila ternyata ada masalah pada koneksi telepon selulermu, mengaktifkan flight mode untuk kemudian langsung menonaktifkannya lagi terkadang juga bisa membantu. Jika kemudian pengiriman pesan WhatsApp telah sukses dilakukan di ponsel, cobalah kembali untuk membuka WhatsApp Web pada komputer Anda.

Bagaimana jika ternyata masih saja tak bisa?

“Bila masih mengalami kesulitan untuk mengirim atau menerima sebuah pesan pada WhatsApp Web, ada kemungkinan masalah koneksi ada pada komputer Anda.”

Masalah konektivitas komputer

Dalam penggunaan WhatsApp Web tidak hanya bergantung kepada koneksi aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda. Namun koneksi internet yang stabil juga diperlukan pada perangkat komputer.

Bar kuning bertulis “Komputer Tidak Terhubung” atau “Computer not connected” akan tampil pada muka WhatsApp Web di komputer Anda jika ada gangguan koneksi. Sehubungan dengan hal tersebut, langkah pertama yang boleh Anda coba adalah dengan mengecek koneksi internet yang ada pada komputer Anda. Kemudian, cobalah untuk melakukan refresh pada halaman yang berisikan WhatsApp Web.

Jika masih tetap terjadi, WhatsApp akan menyarankan untuk melakukan log out terlebih dahulu di sesi WhatsApp Web tersebut. Caranya yaitu dengan mengakses pada bagian titik tiga lalu memilih log out. Setelah itu, cobalah untuk masuk log in lagi. Anda harus menggunakan versi yang terbaru seperti browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge untuk bisa menggunakan WhatsApp Web.

Masalah pada koneksi Wifi tertentu

Pusat bantuan WhatsApp juga mengatakan adanya kemungkinan akses WhatsApp Web memang diblokir atau dibatasi pada jaringan Wifi tertentu. Bila demikian, beginilah langkah yang disarankan oleh WhatsApp dan bisa Anda coba.

Jika WhatsApp Web memberitahu bahwa Anda berada pada jaringan yang bisa menghalangi WhatsApp Web dalam bekerja dengan normal, mohon untuk ditanyakan kepada admin mengenai jaringan tersebut untuk bisa memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com.

Related Posts

About The Author