Cara Membuat Google Form dengan Cepat dan Mudah

Untuk anda yang tidak mempunyai waktu luang, cara ini bisa digunakan untuk waktu yang cepat tidak memakan sampai lebih dari 5 menit. Berikut adalah cara membuatnya, antara lain:

1. Buat akun Gmail, jika sudah punya tinggal disiapkan saja.

2. Buka situs Google Form di docs.google.com di web browser dimana nanti anda akan bisa memilih template sesuai dengan kebutuhan form yang akan dibuat.

3. Jika anda ingin membuat formulir di Google Drive, anda bisa mengklik “New” yang ada di sudut kiri atas.

4. Klik “more” lalu pilih “google forms”.

5. Jika anda membutuhkan data survei untuk Spreadsheet di Google Sheet, silahkan klik “Insert” dan pilih “Form”.

6. Variasi pertanyaan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan form, bisa memilih jawaban singkat, paragraph, pilihan ganda, hingga kotak centang.

7. Responden juga bisa mengunggah file seperti foto dan dokumen maupun video jika di form terdapat menu untuk attach tersebut.

8. Jika sudah memilih jenis pertanyaan dan membuat pertanyaannya, maka langkah terakhir adalah dengan mengklik “kirim” yang ada di sudut atas.

9. Bagikan link Google Form kepada responden.

10. Jika ingin mendapatkan link yang singkat bisa dengan memperpendek link.

Untuk melihat hasil survei bisa anda mengklik salah satu form responden, kemudian klik “responses”. Selain itu, dengan menu tersebut anda bisa melihat jumlah responden yang mengisi form dengan jawaban yang lengkap. Untuk melihat hasil respon 2 jenis yaitu “Summary” dan “Individual”.

Summary digunakan untuk hasil laporan survei berupa rangkuman dari semua responden, sedangkan individual lebih ke jawaban detail setiap responden. Untuk mengubah warna latar belakang form sebelum dikirim bisa dengan mengklik “Palet (Palet Warna)” lalu pilih warna atau tema.

Baca:  Cara Mengatasi Sulit Terhubung di WhatsApp Web

Nah, itulah penjelasan singkat dan jelas tentang cara membuat Google Form dari Teknolagi.ID mulai dari perangkat laptop/PC, HP, maupun pembuatan secara singkat dan mudah. Perlu diketahui bahwa Google Form sekarang banyak digunakan oleh masyarakat luas karena selain membuat kerja menjadi efektif, waktu yang digunakan atau dikeluarkan untuk pembuatan form tersebut juga efisien.

Sehingga dulunya anda sebagai peneliti atau pihak survei dalam menyebarkan form sampai ke lapangan berhari-hari dan menghabiskan banyak biaya untuk ngeprint kertas sekarang hanya dengan via online anda sudah bisa menyebarkan kuisioner atau survei ke semua responden dari berbagai kalangan maupun tertentu sesuai kebutuhan form.

Lokasi yang ditentukan juga tidak terbatas sesuai dengan kebutuhan survei. Sehingga dari hal tersebut memudahkan para pensurvei atau para peneliti untuk leluasa mencari judul atau topik/objek sesuai dengan apa yang diinginkan. Cakupan judul atau ruang lingkup permasalahan maupun survei semakin luas karena tidak ada batasan waktu maupun wilayah.

Semoga dengan penjelasan ini banyak yang bermanfaat dan jangan lupa gunakan Google Form sebaik dan sebijak mungkin. Karena tahu kan perkembangan teknologi seperti apa, bisa saja hoax muncul. Hati-hati.

Related Posts

About The Author