Biografi Stan Lee Kreator Pahlawan Super Marvel

Biografi Stan Lee Kreator Pahlawan Super Marvel
Stanley Martin atau lebih dikenal dengan Stan Lee bermunculan pada 28 Desember 1922 di New York City. Berlatar belakang family imigran asal Romania, dari pasangan Celia dan Jack Lieber. Dia menguras masa kecilnya pada era Great Depression US. Kehidupan family yang ekonominya lemah menciptakan Stan Lee mesti bermukim di apartemen satu kamar.

Stan Lee kecil sudah mengindikasikan minat dalam menyimak komik. Ia pun menggemari saat menyimak dan menyaksikan film. Mimpi masa kecilnya yang sudah terwujud merupakan menulis ‘The Great American Novel’. https://www.pro.co.id/ Saat senior high school, ia memilih menimba ilmu di Dewitt Clinton, The Bronx. Ia telah mulai bekerja paruh masa-masa pada siaran pers di National Tuberculosis Center dan mencatat berita kematian. Bahkan Stan Lee sempat bekerja sebagai office boy.

Beliau menjadi asisten editor guna kesatu kalinya ketika berusia 16 tahun guna Timely Comics. Saat ini Timely Comics sudah bertransformasi menjadi Marvel Comics. Itulah adalahpijakan kesatu karirnya. Ia berhadil menciptakan sebut kesatu untuk memenuhi teks Captain America pada tahun 1941. Nama panggung kesatu yang ia pakai saat debut itu merupakan Stan Lee, yang familiar sampai ketika ini.

Banyak komik yang sudah ia ciptakan yaitu Jack Frost in USA, Destroyer in Mystic Comics, dan Father Time in Captain America. Stan Lee bergabung di Angkatan Darat AS pada tahun 1942. Rekan-rekan di angkatan darat menjulukinya sebagai dramawan. Dipanggil demikian sebab ia tidak sedikit menghasilkan kreativitas sekitar berada di dunia militer. Setelah menuntaskan tugas sebagai tentara angkatan darat Amerika, ia bergabung dengan perusahaan Comic Atlas.

Meskipun telah berhasil menjadi kreator komik ia belum puas dengan pencapaiannya. Pada tahun 1950-an, DC Comics meminta Stan Lee untuk membuat sebuah kesebelasan yang berkarakter pahlawan super. Bersama rekannya, mereka sukses menciptakan karakter Fantastic Four, Iron Man, Hulk, Doctor Strange, Thor, X-Men, Spider-Man, dan pahlawan super lainnya.

Di samping itu, Stan Lee mengawali debut cameo pada tahun 1989 di film The Trial of Incredible Hulk. Beberapa debut cameo ia perankan di masing-masing film Marvel era 2000-an yaitu Fantastic Four, X-Men, Spider-Men, dan Iron Man. Ia pun pernah meraih penghargaan dari Presiden George W Bush yaitu Medal of Arts. Bahkan sempat mengenalkan acara yang berjudul Stan Lee’s Superhumans di History Channel.

Stan Lee menghembuskan nafas terakhirnya pada 12 November 2018 ketika umurnya yang ke 95 tahun. Sebelum wafat ia berusaha melawan penyakit pneumonia yang dideritanya. Kondisinya yang memburuk sehingga diculik ke Pusat Kesehatan Cedars-Sinai, California, Amerika Serikat.

Sumber : https://www.infobiografi.com/

Related Posts

About The Author