Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bangun Tidur?

Halo sobat sehat, pada artikel kali ini, saya akan membahas topik-topik, pertanyaan-pertanyaan seputar bangun tidur. Jadi, apa saja yang tidak boleh dilakukan saat bangun tidur?

Sobat sehat, jadi pada saat bangun tidur setiap harinya, apa yang pertama kali anda lakukan?

Mungkin ada yang langsung buka Facebook, langsung buka WA, langsung buka Instagram, atau selfie dulu sebelum bangun dari tempat tidur.

Ada yang melakukan hal seperti itu? Disini saya mendapatkan banyak pertanyaan seputar : “Bangun tidur saya harus ngapain?”. Ataupun pertanyaan-pertanyaan : “Boleh gak, saya melakukan ini dan itu?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah saya catat dan akan kita bahas satu per satu.

Disini pertanyaan pertama adalah : “Bolehkah saat bangun tidur saya langsung mandi?”. ‘Kan ada lagunya tuh, ‘Bangun tidur ku terus mandi..’. Boleh gak tuh sebenarnya? Jadi, sebaiknya anda tidak langsung mandi. Sebaiknya anda duduk dulu sebentar.

Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bangun Tidur

Bangun perlahan. Terutama bagi anda semua yang mengalami hipotensi postural. Apa itu hipotensi postural? Jadi ketika anda bangun terlalu cepat, maka akan merasakan yang namanya pusing.

Rasanya seperti mau jatuh. Orang-orang seperti ini ketika bangun tidur sebaiknya duduk dulu.

Beri waktu satu sampai dua menit, barulah berdiri.

Kemudian barulah lakukan aktivitas yang lain.

Jadi, jangan setelah tidur semalaman, pakai selimut yang hangat, kemudian tiba-tiba anda bangun. Mungkin karena diburu waktu jam kerja. Anda masuk jam 07.15, namun anda bangun jam 07.10.

Kemudian anda lompat dari tempat tidur dan langsung mandi pakai air dingin. Maka akan terjadi perubahan suhu yang tidak baik bagi tubuh anda. Oke, kita lanjut ke pertanyaan kedua. “Bolehkah ketika bangun tidur saya langsung minum kopi?”.

Baca:  Cara Memutihkan Ketiak dengan Cepat dan Alami

Kalau hal ini relatif ya.. Namun saran saya, sebaiknya anda konsumsi air putih dahulu. Berikan waktu untuk tubuh anda menyerap air tersebut, barulah anda mengkonsumsi makanan lain.

Seperti kopi juga boleh. Tetapi kembali lagi, setiap orang berbeda-beda. Ketahanan lambungnya terhadap kafein pada setiap orang itu berbeda. Untuk anda yang tidak tahan langsung minum kopi, sebaiknya jangan langsung minum kopi.

Mungkin anda bisa ubah dengan teh yang kafeinnya lebih rendah. Atau anda bisa makan dulu. Setelah makan, anda bisa minum kopi. Jadi, kembali lagi ke personal. Setiap orang berbeda-beda. Bagi anda yang kuat, silahkan. Tetapi kebanyakan dari kita, lambung kita tidak tahan terhadap kafein itu tadi.

Oke, kita lanjut ke pertanyaan selanjutnya. “Bolehkah ketika bangun tidur saya minum perasan lemon?”. Jawaban saya mirip seperti ketika membahas kopi tadi. Setiap orang berbeda-beda. Ada yang tahan terhadap kecutnya lemon, dan ada yang tidak tahan.

Sebaiknya, anda minum dulu air putih satu gelas atau satu setengah sampai dua gelas. Biarkan tubuh anda terhidrasi dulu agar anda juga terbebas dari beragam jenis penyakit kulit. Selama semalam anda ‘kan tidak minum air.

Selama tidur 8 jam, bahkan ada yang sampai 10 jam tidak masuk cairan sama sekali. Sedangkan ruangan anda mungkin ber’AC sehingga banyak cairan yang menguap dari tubuh anda.

Serta dari nafas juga. Apalagi ketika anda bangun tidur, anda langsung ke kamar mandi untuk buang air kecil. Jadi, isi dulu cairannya, barulah anda konsumsi makanan-makanan yang lain.

Lalu pertanyaan yang terakhir. “Bolehkah ketika bangun tidur, lalu saya tidur lagi?”. Kalau yang seperti ini, terserah anda semua. Bagi anda yang waktu kerjanya masih lama, silahkan anda tidur lagi. Tetapi jika jadwal kerja anda sudah dekat, sebaiknya anda beristirahat sebentar, duduk, kemudian anda minum air.

Baca:  Apa saja Sih Khasiat dan manfaat British Propolis

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan saya doakan anda semua tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan dapat berguna bagi kesehatan.

Related Posts

About The Author