Ajak Anak Camping Di Luar, Ini 5 Manfaat Yang Di Dapatkan

Pikiran Anda saat mendengar kata hutan mengarah kemana?

Untuk setiap orang beda-beda pastinya, namun untuk Anda sang petualang pasti langsung berpikir

“ Tempat yang harus dijelajahi, tempat untuk lebih hidup, tempat bagi para pecinta kebebasan”  dan lain-lain pastinya.

Yup, benar saya akui semua pernyataan di atas memang mendiskripsikan seperti apa serunya hutan.

Tapi, jika ada pertanyaan lain seperti

“ Hutan itu seperti apa sih kalau untuk anak?”

Untuk sebagian orang tua pasti langsung bilang

“ Tempat yang gak baik untuk kesehatan anak, banyak hewan-hewan berbahaya, tempat yang sama sekali gak cocok untuk anak”

Saya tidak menyalahkan hal tersebut, tapi Anda bisa melihat hutan dalam sudut pandang yang berbeda, misalnya berkemah di hutan.Tentu hal tersebut tidak melulu membuat hutan merupakan tempat yang berbahaya untuk anak.

Sebab apa? Karena hutan juga menghadirkan beberapa manfaat untuk anak saat melakukan kegiatan berkemah.

Supaya tidak terlalu penasaran, berikut ini manfaat camping di luar untuk anak.

Patahkan Keraguan Anda, Cobalah Ajak Anak Camping Di Luar Dan Rasakan 5 Manfaatnya

  • Mengenal Lingkungan Dan Mengurangi Kecanduan Teknologi
Anak Mengenal Alam

Di jaman yang sudah serba global ini bukan hal yang asing lagi jika anak kecil saja sudah mengenal dengan yang namanya teknologi.Seperti yang sudah diketahui bahwa teknologi membawa kemudahan untuk manusia, tapi bukan berarti tidak memiliki pengaruh buruknya saja.

Anda sebagai orang tua tentu saja tahu bahwa anak yang sudah dipegangi gadget sedari kecil akan membuat kecanduan, dan itu bukanlah hal yang berdampak baik.Anak akan menjadi pribadi yang acuh dan susah untuk mengenal lingkungan sekitar.Untuk mengatasi hal tersebut tentunya Anda harus bertindak.

Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk mengenal lingkungan dengan mengajak anak Anda untuk berkemah di luar rumah.Dengan itu, anak Anda akan menemukan sebuah keseruan yang tidak ditemukan dalam dunia gadget.

Baca:  Jembatan Merah Simbol Perlawanan Arek Suroboyo

Memperkenalkan anak kepada alam akan membentuk pribadi positif pada anak, mereka jadi lebih bisa dekat dengan alam dan mulai timbul rasa peduli pada anak untuk menjaga, merawat, dan menyayangi alam.

Kepribadian positif tersebut tentu berdampak pada masa depan anak juga bukan?

  • Meningkatkan Kemampuan Belajar Dan Membentuk Kekratifan Anak
Kemam[uan Belajar Anak

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menghirup udara segar mampu membuat seseorang bisa lebih berfikir jernih dan konsentrasinya meningkat.Hal itu dikarenakan otak membutuhkan 25% dari seluruh okssigen dalam tubuh untuk membuat tubuh dapat bekerja dengan baik.Anak Anda tentunya juga membutuhkan pasokan oksigen yang cukup untuk semakin meningkatkan kinerja tubuh dan otak mereka.

Selain itu, dengan camping di luar anak Anda bisa menjadi seorang yang kreatif.Seperti contohnya jika awalnya mereka hanya duduk di rumah dan main video game untuk menghibur hari mereka, sedangkan di alam terbuka mereka bisa menemukan beberapa hal baru untuk menghibur diri mereka.

Seperti membuat sebuah permainan dengan beberapa benda yang ada di hutan, atau tidak Anda juga bisa memberikan beberapa permainan ringan pada anak Anda dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekeliling Anda, otomatis anak Anda akan melihat apa yang dilakukan Anda dan dapat membuat keterampilan anak Anda muncul.

  • Melatih Rasa Kepedulian dan Syukur
Rasa Peduli Anak

Ini bisa terjadi dikarenakan kehidupan camping dan rumah amat jauh berbeda.Jika di rumah semua fasilitas dapat anak Anda dapatkan dengan mudah.Tapi untuk kegiatan berkemah anak Anda tidak akan semudah itu mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti membatasi penggunaan gadget atau tidak sama sekali, dan tidur di tempat yang tidak mewah.

Dengan seperti ini Anda secara tidak langsung akan membuat anak Anda meningkat rasa kepeduliaan dan syukurnya. Mereka jadi bisa merasakan seperti apa kehidupan orang lain yang memiliki tempat tinggal seadanya, bahkan camping ini merupakan termasuk fasilitas yang baik jika dibandingkan dengan kehidupan anak-anak jalanan yang tersebar luas di sana.

Baca:  Kenapa Toyota Hiace disukai Oleh Pengusaha Travel ?

Dan dengan keterbatasan fasilitas yang ada mereka juga akan belajar untuk tidak mengeluh dengan apa yang mereka dapatkan.

  • Memunculkan Keberanian dan Kemandirian Anak
Anak kuat dan mandiri

Berani dan mandiri.

Dua hal yang juga penting untuk diterapkan pada diri anak Anda, apalagi anak Anda nanti juga punya masa depan yang harus ditentukan dan dijalani sendiri.Anda bisa melatih keberanian anak Anda mulai dari beberapa hal, seperti bagaimana menyebrang jembatan, mengarungi sungai sendiri, atau Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk membantu mendirikan tenda atau berinteraksi dengan anak-anak yang juga ikut berkemah di sekeliling Anda.

Memang terlihat sangat simple, tapi itulah yang anak Anda butuhkan nanti.Mengajari anak dari hal kecil merupakan titik awal yang bagus untuk belajar.

  • Membentuk Tubuh Kuat Untuk Anak
Tubuh Kuat anak

Keseringan berada dilingkungan yang tertutup dan kurang terkena sinar matahari kurang baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak.Memang, anak bisa terkena sinar matahari saat sekolah, namun belum tentu maksimal.

Berbeda dengan jika anak mendapatkan sinar matahari yang mana mengandung vitamin D di alam terbuka secara langsung.Selain mendapatkan tambahan asupan vitamin D yang baik agar anak dapat menyerap kalsium dan fosfor dengan mudah, mereka juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru, peredaran darah dan pencernaan lancar dikarenakan menghirup udara segar yang kaya akan oksigen.

Apakah informasi di atas dapat mematahkan keraguan Anda untuk mengajak anak Anda berkemah atau sekedar liburan di tempat luar seperti hutan?

Untuk Anda yang masih khawatir dengan beberapa hal berbahaya atau ketersediaan fasilitas yang kurang Anda tidak perlu panik, karena di tempat wisata kopeng yang satu ini Anda akan memperoleh fasilitas camping yang menarik dan membuat Anda betah untuk camping disana.Anda bisa datang ke Kopeng Treetop yang ada di Getasan, Semarang.

Baca:  Tips Liburan Murah Meriah di Jakarta

Jangan sampai ketinggalan untuk menikmati keseruan berkemah bersama keluarga Anda.

Related Posts

About The Author