7 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir Agar Bersih Maksimal

Rumah kotor akibat banjir? Membersihkan rumah memang melelahkan, terlebih setelah banjir. Untuk itu, Anda mungkin butuh tips membersihkan rumah pasca banjir. Supaya kegiatan bersih-bersih rumah Anda menjadi lebih maksimal.

Banjir membuat rumah menjadi kotor dan penuh lumpur. Perabotan juga basah bahkan banyak yang rusak. Apalagi jika bekas banjir tidak segera dibersihkan. Oleh karena itu, rumah harus cepat dibersihkan setelah terendam banjir.

kunjungi juga cleaning service rumah tangerang

Lantas bagaimana untuk membersihkannya? Berikut ini tips-tips membersihkan rumah pasca kebanjiran yang bisa Anda ikuti:

  • Matikan Arus Listrik

Pertama-tama, pastikan arus listrik sudah dimatikan. Hal ini penting ketika akan membersihkan rumah setelah banjir. Karena khawatir akan adanya arus listrik yang mengalir lewat sisa air banjir.

Selain itu, dengan mematikan arus listrik Anda juga lebih aman. Anda tidak perlu takut tersengat listrik saat membersihkan rumah. Sehingga Anda pun dapat lebih leluasa untuk bersih-bersih.

  • Bersihkan Sisa Lumpur Lebih Dulu

Cara membersihkan rumah pasca banjir berikutnya yaitu dengan membuang sisa lumpur. Segera bersihkan lumpur ini dari seluruh bagian rumah. Mulai dari lantai, dinding hingga perabotan.

Bersihkan lumpur menggunakan serokan. Atau jika sulit dihilangkan, bersihkan saja dengan sikat. Kemudian bilas lantai sampai benar-benar bersih.

klik artikel mengenai jasa cleaning service daerah tangerang

  • Bersihkan Lantai dengan Cairan Antiseptik

Setelah lumpur hilang, bersihkan lantai dengan cairan antiseptik. Tetapi sebelum itu, pastikan dulu tidak ada kotoran lagi di lantai. Tips membersihkan rumah setelah banjir ini bisa dilakukan 1-2 kali. Namun akan lebih baik berulang untuk hasil maksimal.

Sebagai tambahan, gunakan air hangat ketika mengepel lantai. Dengan begitu, kotoran akan menjadi lebih mudah dibersihkan.

  • Pilih Barang Yang Bisa Diselamatkan
Baca:  Desain Jersey Bola Futsal Warna Biru Kuning Hitam Terbaru

Dalam waktu 48 jam setelah banjir surut, sebisa mungkin amankan barang yang bisa diselamatkan. Pilih mana yang masih layak digunakan dan yang tidak.

Lebih dari waktu itu, risiko kerusakan akan lebih besar. Belum lagi dengan risiko kontaminasi bakteri dari air banjir. Untuk itu, pilah-pilahlah barang yang masih mungkin untuk diselamatkan.

  • Keringkan Perabotan

Keringkan perabotan yang masih mungkin dikeringkan. Anda bisa menjemurnya atau dengan kipas angin. Yang pasti, segera letakkan perabotan di tempat kering. Akan lebih baik lagi bila di luar ruangan.

Cara membersihkan rumah setelah banjir ini termasuk juga untuk kasur dan sofa. Selama belum terendam selama lebih dari 24 jam.

  • Bersihkan Dinding Hingga Kering

jika dinding rumah Anda menggunakan walpaper, segera lepaskan. Lalu biarkan sampai dinding kering. Bila tanpa walpaper, dinding bisa langsung dibersihkan dan disikat. Bila cat dinding mengelupas, lakukan pengecatan ulang. Akan lebih baik lagi, lapisi dinding dengan cat anti air.

  • Letakkan Kembali Barang Ke Dalam Rumah

Terakhir, cara bersihkan rumah pasca banjir ialah letakkan kembali barang ke dalam rumah. Setelah memastikan dinding dan perabotan benar-benar kering. Masukkan dan letakkan barang dengan beri jarak satu sama lain.

Lakukan tips membersihkan rumah pasca banjir ini sesegera mungkin. Jangan tunggu hingga banjir benar-benar surut. Sebab itu malah menjadikan kotoran semakin sulit dibersihkan.

Related Posts

About The Author